Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  UST Yogyakarta disusun selaras dengan visi, misi, tujuan, sasaran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Penyusunannya melibatkan pakar, stakeholder (dosen, pejabat, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan tenaga kependidikan). Tahapan penyusunan diawali dengan pembentukan Tim Penyusun Visi Misi FKIP UST dengan SK Dekan No 365.B/UST/FKIP/SK/DK/VIII/2021 yang anggotanya terdiri atas unsur pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para ketua Program Studi, anggota senat fakultas.

Salah satu tugas Tim adalah menjaring aspirasi dari mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan, dosen,  dan pengguna lulusan.  Dalam menjaring aspirasi  dilakukan melalui pertemuan-pertemuan dan sarasehan secara intensif. Selain itu Tim juga mengundang para pakar untuk memberikan masukan-masukan serta pemikiran mereka berkaitan dengan visi, misi FKIP-UST yang akan dirumuskan. Masukan-masukan dari berbagai sumber tersebut  dijadikan pertimbangan untuk merumuskan draf visi dan misi fakultas. Selanjutnya, draf tersebut akan dibawa ke dalam rapat senat untuk dibahas dan mendapatkan persetujuan, selanjutnya ditetapkan oleh Dekan.

VISI FKIP UST 

Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan unggul dan berkarakter di tingkat Asia Tenggara dalam menyiapkan pendidik yang memuliakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan ajaran Tamansiswa pada Tahun 2025

SK Dekan No. 373.B/UST/FKIP/SK/Dekan/X/2021

Pengertian unggul dalam hal ini adalah lebih dari yang lain, FKIP UST dalam menyiapkan pendidik, yaitu dengan menerapkan ajaran Tamansiswa dalam penyelenggaraan Caturdharma. Dengan demikian lulusan FKIP UST memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh lulusan dari LPTK yang lain. Ajaran Tamansiswa meliputi konsep mendidik dengan sistem yang menerapkan pembelajaran dengan sistem among dan Tri N (niteni, niroke, nambahi). Proses pendidikan dan pembelajaran di FKIP dilaksanakan secara seimbang untuk memperetajam daya cipta, rasa dan karsa sehingga akan menghasilkan  pendidik yang berkarakter, dengan suci hati, tanpa menuntut suatu hak, mengabdi kepada sang anak. FKIP UST menyiapkan  Lulusan yang berkepribadian (sesuai dengan harapan Ki Hadjar Dewantara, kemerdekaan, kebangsaan, kebudayaan bangsa sendiri) dan berkompetensi untuk memenuhi berbagai permasalahan di bidang Pendidikan keguruan.

Keunggulan FKIP UST  pada setiap aspek adalah sebagai berikut.

1.Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan:

Penyelenggaraan Pendidikan di FKIP UST  dilaksanakan dengan menginternalisasi ajaran Tamansiswa dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lain. Menggunakan kurikulum yang diselaraskan dengan KKNI yang memanfaatkan kemutakhiran ilmu pengetahuan yang dilaksanakan pada setiap prodi di FKIP

  • a. Membekali mahasiswa agar menguasai konsep dasar kependidikan berdasarkan ajaran tamansiswa.
  • b. Membekali mahasiswa agar menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik sesuai ajaran Tamansiswa
  • c. Membekali mahasiswa agar menguasai pengelolaan administrasi pendidikan dan pengajaran.
  • d. Proses pembelajaran menggunakan sistem among dan berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning)
  • e. Mengintegrasikan pembudayaan luhur dalam pelaksanaan pembelajaran.
  • f. Pembelajaran menggunakan prinsip niteni, niroke, nambahi;

2. Unggul dalam pelaksanaan penelitian dan publikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan ajaran Tamansiswa

3. Unggul dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan penelitian dengan mengimplementasikan ajaran Tamansiswa

4. Unggul dalam pengembangan kebudayaan nasional dengan memetri, memajukan dan memperkaya kebudayaan nasional agar menjadi pelopor dalam berkehidupan bermasyarakat dengan menerapkan pendidikan Multikultural

5. Unggul dalam pengembangan kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri berdasarkan ajaran Tamansiswa.

Pelaksanaan kegiatan  Caturdharma untuk mencapai Visi  FKIP UST dijabarkan dalam rencana  strategis (Renstra) Tahun 2021-2025 (SK No.175/UST/Kep/Rek/XI/2021 tentang Pengesahan Rencana Strategis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST) dengan jabaran waktu yang jelas sehingga keberhasilan ketercapaian visi, misi dapat terukur dengan  berorientasi ke masa depan.

Misi FKIP UST

  1. Menyelenggarakan Pendidikan, pengajaran, dan pelatihan keguruan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menghasilkan pendidik berdasarkan ajaran Tamansiswa;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu Pendidikan, sains, teknologi, seni, dan budaya yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bidang Pendidikan yang berorientasi pada kewirausahaan, pemberdayaan, dan pembudayaan Ajaran tamansiswa;
  4. Melaksanakan pelestarian dan pengembangan kebudayaan Nasional melalui kegiatan tridharma;
  5. Memperkuat, memperluas, dan melaksanakan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri berdasarkan tri-ko;
  6. Mengembangkan kegiatan kemahasisswaan dan alumni yang berorientasi pada mutu lulusan dan profesionalisme pendidik berkelanjutan;
  7. Meningkatkan tata kelola fakultas dengan tertib damai salam, dan bahagia menuju good governance dan akuntabel.

 SK Dekan No. 373.B/UST/FKIP/SK/Dekan/X/2021

Tujuan FKIP UST

  1. Terwujudnya pendidik yang unggul, berbudi pekerti luhur, mandiri, berwawasan kebangsaan, dan berorientasi masa depan berdasarkan ajaran Tamansiswa;
  2. Terlaksananya penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan, sains, teknologi, seni, dan budaya, serta publikasi nasional dan internasional yang hasilnya bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
  3. Terselenggaranya kegiatan PkM bidang Pendidikan yang berorientasi pada kewirausahaan, pemberdayaan, dan pembudayaan Ajaran tamansiswa yang hasilnya bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat;
  4. Terwujudnya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional yang terintegrasi pada kegiatan tridharma perguruan tinggi untuk memuliakan kehidupan bangsa;
  5. Terwujudnya kerja sama melalui pengembangan jejaring dan kemitraan dengan institusi dalam dan luar negeri untuk meningkatkan mutu catur dharma secara kooperatif, konsultattif, dan korektif (Tri-Ko);
  6. Terselenggaranya kegiatan kemahasisswaan dan alumni yang berorientasi pada mutu lulusan yang unggul dan berkarakter berdasarkan ajaran Tamansiswa serta profesionalisme pendidik berkelanjutan;
  7. Terselenggaranya tata kelola Fakultas dengan tertib damai salam, dan bahagia menuju good governance dan akuntabel dalam pelaksanaan Caturdharma;
  8. Terselenggaranya atmosfir akademik yang kondusif didukung infrastruktur dan pemanfaatan teknologi digital untuk pelaksanaan Caturdharma.

Strategi FKIP UST

          Dituangkan dalam RENSTRA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun 2021-2025.