SELAMAT DATANG DI PORTAL FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UST YOGYAKARTA

VISI & MISI

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  UST Yogyakarta disusun selaras dengan visi, misi, tujuan, sasaran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Penyusunannya melibatkan pakar, stakeholder (dosen, pejabat, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan tenaga kependidikan). Tahapan penyusunan diawali dengan pembentukan Tim Penyusun Visi Misi FKIP UST dengan SK Dekan No 07/UST/FKIP/Dekan/II/2014 yang anggotanya terdiri atas unsur pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para ketua Program Studi, anggota senat fakultas.

Salah satu tugas Tim adalah menjaring aspirasi dari mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan, dosen,  dan pengguna lulusan.  Dalam menjaring aspirasi  dilakukan melalui pertemuan-pertemuan dan sarasehan secara intensif. Selain itu Tim juga mengundang para pakar untuk memberikan masukan-masukan serta pemikiran mereka berkaitan dengan visi, misi FKIP-UST yang akan dirumuskan. Masukan-masukan dari berbagai sumber tersebut  dijadikan pertimbangan untuk merumuskan draf visi dan misi fakultas. Selanjutnya, draf tersebut akan dibawa ke dalam rapat senat untuk dibahas dan mendapatkan persetujuan, selanjutnya ditetapkan oleh Dekan.

VISI FKIP UST 

Pada Tahun 2029 Unggul dalam Menyiapkan  Pendidik Berdasarkan  Ajaran Tamansiswa 

SK Dekan No. 074.A/UST/FKIP/Dekan/IV/2014

Pengertian unggul dalam hal ini adalah lebih dari yang lain, FKIP UST dalam menyiapkan pendidik, yaitu dengan menerapkan ajaran Tamansiswa dalam penyelenggaraan Caturdharma. Dengan demikian lulusan FKIP UST memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh lulusan dari LPTK yang lain. Ajaran Tamansiswa meliputi konsep mendidik dengan sistem yang menerapkan pembelajaran dengan sistem among dan Tri N (niteni, niroke, nambahi). Proses pendidikan dan pembelajaran di FKIP dilaksanakan secara seimbang untuk memperetajam daya cipta, rasa dan karsa sehingga akan menghasilkan  pendidik yang berkarakter, dengan suci hati, tanpa menuntut suatu hak, mengabdi kepada sang anak. FKIP UST menyiapkan  Lulusan yang berkepribadian (sesuai dengan harapan Ki Hadjar Dewantara, kemerdekaan, kebangsaan, kebudayaan bangsa sendiri) dan berkompetensi untuk memenuhi berbagai permasalahan di bidang Pendidikan keguruan.

Keunggulan FKIP UST  pada setiap aspek adalah sebagai berikut.

1.Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan:

Penyelenggaraan Pendidikan di FKIP UST  dilaksanakan dengan menginternalisasi ajaran Tamansiswa dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lain.

Menggunakan kurikulum yang diselaraskan dengan KKNI yang memanfaatkan kemutakhiran ilmu pengetahuan yang dilaksanakan pada setiap prodi di FKIP

a. Membekali mahasiswa agar menguasai konsep dasar kependidikan berdasarkan ajaran tamansiswa.

b. Membekali mahasiswa agar menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik sesuai ajaran Tamansiswa

c. Membekali mahasiswa agar menguasai pengelolaan administrasi pendidikan dan pengajaran.

d. Proses pembelajaran menggunakan sistem among dan berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning)

e. Mengintegrasikan pembudayaan luhur dalam pelaksanaan pembelajaran.

f. Pembelajaran menggunakan prinsip niteni, niroke, nambahi;

2. Unggul dalam pelaksanaan penelitian dan publikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan ajaran Tamansiswa

3. Unggul dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan penelitian dengan mengimplementasikan ajaran Tamansiswa

4. Unggul dalam pengembangan kebudayaan nasional dengan memetri, memajukan dan memperkaya kebudayaan nasional agar menjadi pelopor dalam berkehidupan bermasyarakat dengan menerapkan pendidikan Multikultural

5. Unggul dalam pengembangan kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri berdasarkan ajaran Tamansiswa.

Pelaksanaan kegiatan  Caturdharma untuk mencapai Visi  FKIP UST dijabarkan dalam rencana  strategis (Renstra) Tahun 2015-2029 (SK No.11/UST/FKIP/Dekan/X/2014 tentang Rencana Strategis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST) dengan jabaran waktu yang jelas sehingga keberhasilan ketercapaian visi, misi dapat terukur dengan  berorientasi ke masa depan.

Misi FKIP UST

Menyelenggarakan Pendidikan Keguruan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Pengembangan Kebudayaan

 SK Dekan No. 074.A/UST/FKIP/Dekan/IV/2014

 

Misi tersebut mencakup pengertian sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan keguruan yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang kependidikan, sains, teknologi, seni dan budaya serta mempublikasikan hasilnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan sebagai implementasi keilmuan dan mumpublikasikannya.
  4. Menyelenggarakan pembudayaan luhur sesuai ajaran Tamansiswa 
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan instasi lain baik dalam maupun luar negeri. 
  6. Menghasilkan pendidik dalam bidang Sains, Teknologi, Seni-budaya yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, profesional, dan berjiwa kebangsaan.
  7. Menghasilkan karya penelitian, kajian dan publikasi karya ilmiah ditingkat nasional dan internasional yang berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan di bidang sains, teknologi, dan seni-budaya. 
  8. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan, sains, teknologi, dan seni – budaya yang bermanfaat bagi masyarakat. 
  9. Mewujudkan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia melalui pembudayaan luhur. 
  10. Menghasilkan program-program kerjasama dengan berbagai institusi yang saling memberi manfaat dengan instansi dalam dan luar negeri.

Visi, Misi dan Tujuan FKIP akan dicapai dengan tahapan-tahapan yang terdapat dalam Strategi Pencapaian dan Renstra FKIP: Tahap I (2015 – 2019), Tahap II (2020 – 2024) dan Tahap III (2025 – 2029). 

FKIP UST Jogja © 2017